"); -->

Sejarah Dan Golongan dalam Pramuka di Indonesia




Image result for GUDEP SMKN 1 Batam
Halo Semuanya !!

Kali Ini saya akan membahas Syarat Syarat untuk Menjadi Seorang Pramuka Penegak. Tapi, Sebelum itu kita harus tahu kepanjangan dari pramuka itu sendiri.. Pramuka adalah singkatan dari 3 kata.. ya itu Praja Muda Karana yang artinya adalah Jiwa Muda yang Suka Berkaya.. Nah sekarang kalian sudah tahu arti pramuka.. Sekarang Kita perlu tahu sejarah singkat bagaimana Ide Pramuka itu Muncul.



Asal mula pramuka itu dimulai dari seseorang yang bernama Robert Stephenson Smyth Baden Powell atau yang lebih di kenal dengan nama Baden Powell, Pasti Kalian sudah tahu bukan siapa sih Baden Powell ini? Baden Powell Adalah seorang Tentara, Penulis, Beserta Pendiri Gerakan Kepramukaan ( Scout Movement / Scouting ) asal Inggris, Karena dia adalah pencetus ide Pramuka ini, Baden Powell dikenal sebagai Bapak Pandu Sedunia ( World Scout Father). 



Ide Bapak ini muncul sewaktu Perkemahannya di sebuah bukit Brown Sea, Inggris.. Gagasan Yang di Temukan Baden Powell ini di terima positif hingga menyebar ke seluruh dunia, salah satunya Negara Kita Tercinta, Indonesia.

Di Bawah Ini Adalah Foto Bapak Baden Powell


Baden Powell

Singkat Cerita, di Indonesia sendiri Memiliki Organisasi Pramuka yang bernama Gerakan Pramuka Indonesia ( GPI ). GPI ini di dirikan oleh Hamengkubuwana IX  pada tanggal 9 Maret 1961. GPI Ini Berpusat di Jakarta dan Sekarang di Pimpin Oleh Dr. Adhyaksa Dhault S.H. .. 


Dan Juga Kepramukaan Di Indonesia Sendiri Memiliki Gugus Depan yang bernama Gugusdepan ( Gudep ) Gerakan Pramuka. Gudep Ini memiliki fungsi diantaranya sebagai Peserta Didik Dan Pembina Pramuka, dan juga berfungsi sebagai pangkalan anggota peserta didik.



Kepramukaan Di Indonesia Sendiri di Bagi Menjadi Beberapa tingkat sesuai umur sang peserta pramuka.. diantaranya :

1. Golongan Siaga
Siaga adalah sebutan untuk anggota pramuka yang memiliki rentang usia dari umur 7-10 Tahun dan biasanya juga tingkat pramuka yang satu ini di isi oleh anak SD kelas 1-3. Satuan terkecil dalam golongan siaga biasa disebut Barung. Setiap beberapa Barung dihimpun dalam satu satuan besar yang dinamakan Perindukan. Satu Barung biasanya diisi 6-10 orang anggota pramuka siaga dan dipimpin oleh seorang Pemimpin Barung atau Pinrung.


Dalam golongan siaga, ada tiga tingkatan yang dibedakan sesuai dengan syarat kecakapan umum (SKU) yang wajib dipenuhi oleh seorang Pramuka Siaga. Tingkatan tersebut antara lain Siaga Mula, Siaga Bantu, dan Siaga Tata

2. Golongan Penggalang
Penggalang merupakan  pramuka yang memiliki rentang usia 11-15 tahun. Usia ini biasanya paling banyak dikalangan SD kelas 4 sampai SMP kelas 9.  Golongan ini merupakan  golongan pramuka setelah  Siaga. Dalam golongan Penggalang dilaksanakan sistem terpisah dimana Pramuka Penggalang Putra dipisah dengan Pramuka Penggalang Putri. Setiap anggota penggalang biasanya dikelompokkan dalam satu kesatuan kecil yang disebut regu. Setiap regu memiliki nama yang berbeda satu sama lain. Regu putra biasanya mengambil nama hewan, sedangkan regu putri biasanya menggunakan nama bunga sebagai identitas mereka.
Pramuka Penggalang digolongkan dalam 4 tingkatan, yaitu, Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda. Sama seperti Siaga, tingkatan tersebut bisa dicapai secara berturut-turut setelah seorang Pramuka Penggalang menyelesaikan pencapaian SKU.

3. Golongan Penegak
Penegak adalah anggota Pramuka yang memiliki rentang usia antara 16 sampai 20 tahun.  Penegak biasanya merupakan anggota Pramuka yang telah menginjak bangku kelas 10 SMA/SMK hingga perguruan tinggi.. Satuan terkecil Pramuka Penegak biasa disebut Sangga yang idealnya diisi 6 sampai 8 orang Penegak.
Dalam golongan Penegak, ada dua tingkatan yang bisa dicapai. Tingkatan-tingkatan tersebut adalah Penegak Bantara dan Penegak Laksana dengan Penegak Laksana sebagai tingkatan tertinggi. Namun, apabila seorang Pramuka Penegak belum mencapai SKU dalam tingkatan Penegak Bantara, Pramuka tersebut akan mendapatkan titel sebagai Penegak Tamu.

4. Golongan Pandega 
Pandega merupakan golongan Pramuka setelah Penegak. Anggota Pramuka ini merupakan anggota Pramuka yang berusia antara 21 – 25 tahun. Pramuka Pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dan dilakukan bersama-sama dengan Pramuka Penegak. Pembinaan Pramuka Pandega dilakukan mulai dari tingkat Gugusdepan dalam satuan yang disebut Racana, dan di tingkat Kwartir dapat mengikuti Satuan Karya dan Dewan Kerja.

Baiklah, Sampai Di sini saja pembahasan kita kali ini.. Karena jika di bahas lebih detail, kalian akan bosan membaca ini dan juga selain itu, artikel ini akan mencapai 3 hingga 4 laman.

Ohh ya, Saya Adalah Seorang Peserta Diklat Pramuka di Pangkalan SMK Negri 1 Batam.
Ohh ya, Jika kalian ingin melihat keseruan kami dalam Diklat Tahun Ini, Silahkan follow Official Instagram Pramuka SMKN 1 BATAM


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel